Elemen yang Bikin Asik Touring, Begini Sejarah Sunroof Mobil

Sunroof mobil sering ditemui di mobil premium tunggangan kalangan atas.

Dengan sunroof, pengguna dapat menikmati pengalaman tertentu yang tidak dapat dirasakan oleh mobil biasa tanpa sunroof seperti menghirup udara segar, menikmati pemandangan langit, dan lain sebagainya.

Sejarah Sunroof Mobil

Kendaraan zaman dahulu berbentuk gerobak dengan memanfaatkan kuda agar dapat bergerak.

Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya ketika mesin diciptakan, bentuk kendaraan tidak lagi seperti gerobak dan berbentuk lebih modern serta tertutup.

Dilansir dari laman cartreatments.com, bentuk mobil yang tertutup ini bertujuan untuk melindungi penggunanya dari cuaca, baik panas, dingin, apalagi hujan.

Meski begitu, mobil yang berbentuk terbuka juga tersedia dan tidak kalah populer meski memiliki kekurangan karena harus digunakan ketika cuaca sedang bagus.

Namun, banyak orang menginginkan bentuk mobil terbuka sehingga terciptalah sunroof pada tahun 1920-an di Inggris. Sunroof memungkinkan penggunanya untuk dapat membuka dan melepas atap mobil sehingga lebih penggunaannya lebih fleksibel dan dapat mengikuti cuaca.

Digemari Semua Kalangan Terutama Kaum Elit

Tujuan utama sunroof adalah memberikan pengalaman langsung pengguna terhadap alam dan cuaca, apalagi ketika sedang bagus. Dilansir dari laman gomechanic.in, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan elit yang ingin merasakan sensasi angin sepoi-sepoi saat berkendara.

Produsen mobil mewah seperti Bentley dan Rolls Royce yang menawarkan mobil dengan fasilitas sunroof yang dapat dipesan sebelum masa produksi menjadi bukti kegemaran kalangan elit terhadap sunroof.

Selain itu, pabrikan mobil mewah lainnya seperti BMW, Volkswagen, dan Porsche juga menggunakan sunroof dengan bahan logam untuk melengkapi fasilitas mobil produksinya. Sunroof tersebut diproduksi pada akhir 1950-an oleh perusahaan Jerman bernama Golde GmbH.

Semenjak itu, inovasi terus bermunculan dalam mengembangkan sunroof dalam konteks produksi mobil massal. Salah satu inovasinya adalah penggunaan panel kaca yang sebelumnya berbahan kain dan logam.